Wakil Ketua BPK sampaikan peran BPK dalam membangun Integritas Birokrasi dan Nilai-nilai Tanggung Jawab

Jakarta – Hadir sebagai pembicara pada Kursus Kader Pimpinan (SUSKAPIN) Resimen Mahasiswa Indonesia Angkatan XXXVI Tahun 2018, Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar menyampaikan kuliah umum kepada Resimen Mahasiswa di Sekolah Staf dan Komando TNI AL (SESKOAL) Cipulir, Jakarta pada Rabu (28/2/18).

Dalam paparannya, Wakil Ketua BPK menjelaskan mengenai kedudukan dan wewenang, serta tugas dan fungsi BPK dalam melakukan pemeriksaan pengelolaan & tanggung jawab keuangan negara.

“Visi BPK tahun 2016 – 2020 adalah BPK menjadi pendorong pengelolalaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat”, jelas Wakil Ketua BPK. Untuk mencapai visi tersebut, BPK melakukan 3 jenis pemeriksaan, yaitu:

Pemeriksaan Laporan Keuangan, yang akan menghasilkan opini atas Laporan Keuangan berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Opini Tidak Wajar (TW) dan Opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP), Pemeriksaan Kinerja, yang akan menghasilkan rekomendasi & simpulan untuk menilai unsur ekonomis, efisien dan efektif dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu, yang akan menghasilkan kesimpulan. Pemeriksaan ini dapat merupakan pemeriksaan investigasi atau forensic audit.

Di akhir paparannya, Wakil Ketua BPK memberikan ilustrasi melalui sebuah keris. “Walaupun keris itu permukaannya berliku, tapi ia tetap terus menanjak ke atas. dalam kehidupan juga harus seperti itu, walaupun jalannya berliku, harus tetap fokus pada tujuan akhir,” kata Wakil Ketua BPK

Oleh sebab itu, Wakil Ketua BPK mengajak para peserta untuk selalu fokus dengan tujuan ke depan, dengan cara membangun integritas dan rasa tanggung jawab, sehingga diharapkan dapat mencapai peluang emas Indonesia di tahun 2030.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *