Header JDIH Kabupaten Siak

Bupati Siak Syamsuar Teken MoU Bidang PTUN dengan Kajari Siak

Selasa, 27 Oktober 2015

SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) bidang permasalahan Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN). Selasa (27/10/15), penandatanganan kesepakatan bersama, dilakukan Bupati Siak Syamsuar dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Zainul Arifin dan disaksikan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Riau Armanda Syah Arwan, dan dihadiri seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bupati Siak Syamsuar berharap penandatangan kesepakatan ini nantinya mampu menyelesaikan permasalahan hukum, baik itu perdata dan tata negera sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan,dan juga mampu memberikan pemahaman terhadap ketentuan hukum sesuai dengan visi dan misi.

"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan hukum perdata, dan juga dapat memberikan pemahaman sesuai dengan ketentuan yang ada," ujar bupati.

Salah satu keuntungan yang bakal didapat Pemkab dari MoU tersebut diantaranya menyangkut pengamanan aset daerah. Seksi Datun Kejari, bertugas melakukan atau pengendalian kegiatan penegakkan hukum, bantuan, pertimbangan dan pelayanan hukum serta tindakan hukum lain kepada negara, pemerintah dan masyarakat dibidang perdata dan TUN.

Selain itu MoU tersebut bersifat preventif sehingga dengan cara itu, berbagai penyimpangan akibat salah menafsirkan aturan dapat dicegah. Dimana, dalam melaksanakan tugasnya, Kejaksaan bertindak sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN).